Senin, 12 Maret 2012

Definisi Content Management


Definisi Content Management

Sistem manajemen konten (Inggris: content management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
  • aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
  • aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).
Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.
Ref : http://chandil.wordpress.com/2007/05/18/pengertian-content-management-system-cms/

Pengertian Content Management System atau biasa di sebut dengan CMS sebenarnya merupakan suatu sistem yang di gunakan untuk mempermudah dalam memfasilitasi pembuatan, pengelolaan, pembaharuan, dan publikasi content pada sebuah situs website ataupun blog.
Dengan adanya content management system (cms) yang terintegrasi pada suatu website atau blog, seseorang dalam melakukan pengelolaan situs yang dinamis beserta isi data content nya yang berupa informasi dalam bentuk teks, grafik, images, video maupun dalam format lainnya semakin di permudah bahkan untuk orang awan sekalipun dapat mengelolah suatu website ataupun blog beserta isi content nya dengan sangat cepat dan mudah tanpa harus mempunyai keahlian khusus tentang bahasa programming HTML, PHP, dan lainnya.
Ref : http://www.internetberitaku.com/2010/08/pengertian-cms-atau-content-management.html

Pengertian Content Management System (CMS) adalah aplikasi yang didesign untuk membuat, mengatur dan mengimprovisasi data. Memudahkan proses yang kompleks dan rumit dalam mempublikasikan konten pada website atau intranet. Dalam Content Management System (CMS), data dapat berbentuk apa saja – teks, gambar, film, data teknologi, dan lainnya. Dengan kemudahan ini bahkan orang awam dapat membuat teks dan konten dengan fitur halaman multimedia dengan menggunakan aplikasi yang cerdas ini. Selain kemampuannya yang cukup banyak dalam hal design dan publikasi halaman web, CMS juga digunakan untuk menjalankan tugas-tugas seperti :
  • Membantu menerima data dan melakukan penyimpanan dengan mudah.
  • Membantu mencegah duplikasi konten
  • Mempermudah tugas dalam penulisan laporan
  • Pengaksesan data dengan hak akses
Jenis-jenis CMS – Secara garis besar terdapat 5 jenis Content Management System.
1. Enterprise CMS (ECMS): Berhubungan dengan membuat, mengatur, membagi informasi dalam organisasi, juga mengoptimalkan proses bisnis perusahaan. Umumnya menyatu dengan aplikasi dari organisasi tersebut, memastikan alur proses konten data ke user lancar, mengurangi resiko dan mencegah duplikasi.
2. Web CMS (WCMS): Seperti disebutkan diatas, bertujuan untuk membuat, mendesign dan mempublikasikan konten jauh lebih mudah sehingga setiap orang dapat membuat konten tanpa perlu memiliki kemampuan HTML.
3. Mobile CMS (MCMS): Membantu menyimpan dan menyalurkan konten ke perangkat mobile seperti telepon genggam, PDA, dan sebagainya.
4. Component CMS (CCMS): Mengatur konten dalam level yang berjenjang
5. Document CMS (DCMS): Mengatur data elektronik dokumen dan gambar

Arti harafiahnya, CMS adalah sistem manajemen konten. Bahasa sederhananya: Software yang cukup anda install di server, konfigurasikan, masukkan informasi yang anda ingin tampilkan di website anda ke CMS yang anda install, lalu jadilah website anda.
Bahasa teknisnya: Kesatuan program server side dan database yang bertugas mengolah data yang anda input menjadi halaman web (me-manage data yang di input menjadi halaman web. Itulah mengapa namanya CMS).
Ref : http://bloggingly.com/memahami-konsep-cms-content-management-system/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar